Detail Cantuman Kembali
PRATIWI KURNIA SARI - Personal Name

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018


Sari, Pratiwi Kurnia. 2019. Pengaruh Interaksi Sosial dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Sugeng, M. Pd, dan (II) Drs. H. Asyril, M. Si.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh interaksi sosial, dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda tahun ajaran
2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 351 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas terdiri dari 187 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan tes. Sebelum, instrumen digunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen penelitian dengan hasil 30 angket interaksi sosial, 5 soal berpikir kritis, dan 7 soal hasil belajar matematika dinyatakan valid. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil analisis deskriptif terhadap variabel interaksi sosial dan berpikir kritis menunjukkan kategori sedang; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 50,92 menunjukkan kategori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu ^ , dengan sebesar 43,433, , dan nilai probabilitas (sig. Uji F) sebesar 0,000 model regresi dugaan yang diperoleh berarti atau dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Koefisien determinasi sebesar 0,321 menunjukkan bahwa kontribusi interaksi sosial dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika sebesar 32,1%. Untuk variabel interaksi sosial diperoleh nilai dari probabilitas (sig. Uji t) sebesar 0,000 dengan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika, adapun untuk variabel berpikir kritis diperoleh nilai probabilitas (sig. Uji t) sebesar 0,000 dengan maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Interaksi sosial, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar matematika

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2017/2018
Pengarang PRATIWI KURNIA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Interaksi sosial, kemampuan berpikir kritis, dan h
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua