Detail Cantuman Kembali
Wenny Aninda Prastiwi - Personal Name

ANALISIS PERPUTARAN PIUTANG DAGANG PADA PT. NUANSA DHARMA CIPTA DI SAMARINDA


Wenny Aninda Prastiwi, 2017, “Analisis Perputaran Piutang Dagang Pada PT. Nuansa Dharma Cipta di Samarinda” dibawah bimbingan Bapak H. Irwansyah sebagai pembimbing I &Ibu Hj. Anisa Kusumawardani sebagai pembimbing 2.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat perputaran piutang, hari rata-rata pengumpulan piutang, rasio tunggakan dan rasio penagihan pada PT. Nuansa Dharma Cipta.
Metode penelitian dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan yang berhubungan dengan perputaran piutang yaitu tingkat perputaran piutang (RTO), Average Collection Period (ACP), rasio tunggakan dan rasio penagihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tingkat perputaran piutang dagang pada PT. Nuansa Dharma Cipta dilihat dari segi tingkat perputaran piutang (Receivable Turn Over) cenderungmengalami peningkatan ini dinilai cukup baik bagi perusahaan karena semakin tinggi perputaran piutang suatu perusahaan akan semakin baik dan sehat. Sedangkan dari segi Average Collection Period untuk tahun 2012 sampai tahun 2016 mengalami penurunan hari pengumpulan piutang, hal ini baik bagi perusahaan karena piutang akan lebih cepat berubah menjadi kas perusahaan.
Rasio tunggakan dan rasio penagihan PT. Nuansa Dharma Cipta dari tahun 2012 samai 2016 mengalami fluktuasi atau ketidakstabilan. Semakin besar rasio tunggakan akan semakin buruk bagi perusahaan karena ini berarti perusahaan tidak mampu menangani pengembalian piutangnya dengan baik. Dan sebaliknya semakin besar rasio penagihan maka akan semakin baik bagi perusahaan karena itu berarti perusahaan semakin besar pengembalian modal perusahaan, dan semakin kecil rasio penagihan maka akan akan berakibat buruk bagi perusahaan karena semakin kecil piutang perusahaan yang berubah menjadi kas.
Meskipun begitu PT. Nuansa Dharma Cipta diharapkan mampu menjaga kestabilan perputaran piutangnya secara efektif dari tahun ke tahun agar dana yang tertanam dalam piutang cepat diperoleh sehingga dapat digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan selanjutnya.

Kata Kunci : Tingkat Perputaran Piutang (RTO), Average Collection Period (ACP), Rasio Tunggakan dan Rasio Penagihan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PERPUTARAN PIUTANG DAGANG PADA PT. NUANSA DHARMA CIPTA DI SAMARINDA
Pengarang Wenny Aninda Prastiwi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Rasio Tunggakan dan Rasio Penagihan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua