ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA ALAYA FOOD FESTIVAL DI SAMARINDA
Kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi menjadi pedoman bagi setiap perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenuhi harapan setiap konsumen. Apabila suatu perusahaan tidak memperhatikan aspek dari bauran pemasaran maupun tingkat kepuasan konsumennya maka perusahaan tersebut tidak akan dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan strategi bauran pemasaran ditujukan untuk menciptakan kepuasan konsumen, sehingga akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap suatu produk/jasa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen serta pengaruh tidak langsung Bauran
Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei menggunakan pendekatan konklusif terhadap 400 orang yang merupakan konsumen Alaya Food Festival di Samarinda yang telah melakukan pembelian minimal sebanyak dua kali. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian membuktikan bahwa Bauran Pemasaran berpengaruh langsung signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Lebih lanjut, hasil menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran berpengaruh secara tidak langsung terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Alaya Food Festival
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA ALAYA FOOD FESTIVAL DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | STEFANUS ERWIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | S2 Manajemen |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY