Detail Cantuman Kembali
LHUTFI LAILI SYAFITRI - Personal Name

ANALISIS ALIRAN BATANG (STEMFLOW) PADA BEBERAPA JENIS POHON



LHUTFI LAILI SYAFITRI. Analisis Aliran Batang (Stemflow) pada Beberapa Jenis Pohon. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (Dibawah bimbingan Zulkarnain dan Rabiatul Jannah).
Aliran batang (stemflow) pada pohon dapat memperlambat laju air hujan yang langsung jatuh ke permukaan tanah. Stemflow memberikan waktu untuk tegakan pohon menginfiltrasi air hujan agar tidak langsung menjadikan air hujan sebagai aliran permukaan. Selain itu, dapat mengurangi energi kinetik/kekuatan perusak butir-butir hujan yang jatuh menimpa tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya aliran batang dari beberapa jenis pohon dan untuk mengetahui jenis pohon yang memiliki aliran batang yang kecil dalam mengurangi aliran permukaan.
Penelitian ini dilakukan dengan mengukur dan menghitung data set yang didapatkan pada waktu yang sama yaitu aliran batang dan curah hujan. Serta mengidentifikasi morfologi pohon Mangga, pohon Sengon, pohon Akasia, pohon Jengkol dan pohon Trembesi yang dilihat dari tajuk dan batangnya. Pada tajuk pohon berupa bentuk tajuk, luas tajuk, kerapatan tajuk dan ketebalan tajuk. Sedangkan pada batang berupa permukaan batang, arah percabangan, tinggi dan diameter batang pohon.
Hasil penelitian didapatkan bahwa aliran batang terkecil dari lima kejadian hujan adalah pada pohon Trembesi (Samanea saman) di lima kejadian hujan sebesar 0,0137 mm (0,3540%); 0,0262 mm (1,2161%); 0,0003 mm (0,0170%);0,0010 mm (0,0193%); dan 0,1351 mm (0,4934%) dan jenis pohon yang baik dalam mengurangi aliran permukaan di lima jenis pohon yang dilihat dari aliran batang yangnya yaitu pohon Trembesi (Samanea saman).
Kata Kunci: aliran batang, batang pohon, curah hujan, tajuk pohon, limpasan permukaan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS ALIRAN BATANG (STEMFLOW) PADA BEBERAPA JENIS POHON
Pengarang LHUTFI LAILI SYAFITRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua