Detail Cantuman Kembali
WAHYU SELVIYANI - Personal Name

GAMBARAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DI RUMAH DI RT.05 KELURAHAN MUGIREJO SAMARINDA TAHUN 2019


Latar Belakang : Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yang harus diperhatikan bukan hanya dari tenaga pendidik melainkan dari lingkungan keluarga yang berperan penting dalam proses pendidikan (Suyono, 2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendampingan orang tua dalam proses belajar anak di rumah di RT 05 Kelurahan Mugirejo Samarinda.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah yaitu 3 orang responden. Intstrumen penelitian menggunakan panduan wawancara. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data reduksi, penyajian data dan verifikasi.
Hasil Penelitian : Dari hasil penelitian ketiga orang tua di RT 05, dalam aspek penyedian fasilitas belajar ketiga responden menyediakan fasilitas belajar, ketiga informan mengawasi penggunaan waktu belajar anak, mengawasi kesulitan belajar anak, membantu anak mengatasi kesulitan belajar, serta faktor yang mempengaruhi pendampingan belajar dari ketiga responden yaitu waktu orang tua dan keterlibatan ayah dalam membantu anak belajar..
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa pendampingan orang tua dalam proses belajar anak di RT 05 Kelurahan Mugirejo Samarinda bahwa ketiga responden mendampingi anak ketika belajar dengan menyediakan fasilitas belajar, pengawasan kegiatan belajar, pengawasan waktu belajar, mengatasi kesulitan belajar anak, serta faktor yang mempengaruhi pendampingan orang tua dalam proses belajar anak yaitu waktu dan keterlibatan ayah dalam pengasuhan terutama dalam proses belajar anak saat di rumah.
Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Belajar, Orang Tua, Pendampingan.
Kepustakaan : 2008 – 2018




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DI RUMAH DI RT.05 KELURAHAN MUGIREJO SAMARINDA TAHUN 2019
Pengarang WAHYU SELVIYANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua