Detail Cantuman Kembali
LIDYA APRIYANTI - Personal Name

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG PENTINGNYA PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE (ANC) SELAMA MASA KEHAMILAN DI PUSKESMAS TEMINDUNG



Kata kunci : antenatal care (ANC), pengetahuan ibu primigravida tentang antenatal care (ANC)
Latar Belakang : Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu obyek tertentu. Pengetahuan tentang kunjungan antenatal care (ANC) selama masa kehamilan diharapkan baik dan melakukan kunjungan kepelayanan kesehatan sebanyak 4 kali.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ibu tentang pentingnya pemeriksaan antenatal care pada ibu primigravida trimester III di Puskesmas Temindung Samarinda.
Metode : Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling, yang berjumlah 6 partisipan.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 6 partisipan, maka didapatkan 3 partisipan yang melakukan kunjungan ANC sebanyak 4 kali, dan 3 partisipan yang melakukan kunjungan ANC sebanyak 2-3 kali selama kehamilan.
Kesimpulan dan Saran : Pengetahuan ibu primigravida tentang antenatal care memiliki pengetahuan yang baik dan paham dengan antenatal care namun ada beberapa ibu primigravida yang melakukan kunjungan yang kurang dari 4 kali selama masa kehamilan. Ibu primigravida memiliki pemahaman yang baik tentang antenatal care, tujuan dan manfaat antenatal care. Dari penelitian ini diharapkan dapat membuat ibu rutin melakukan kunjungan selama hamil, dan juga diharapkan sebagai petugas pelayanan kesehatan memberikan motivasi kepada ibu hamil agar selalu rutin melakukan kunjungan.
Daftar Pustaka : 31 (2006-2017)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG PENTINGNYA PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE (ANC) SELAMA MASA KEHAMILAN DI PUSKESMAS TEMINDUNG
Pengarang LIDYA APRIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua