Detail Cantuman Kembali
ANGGITA DYAH APRIASTITI - Personal Name

ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI METHANOL DI PT KALTIM METHANOL INDUSTRI BONTANG KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK



Anggita Dyah Apriastiti, 2015. Analisis Harga Pokok Produksi Methanol di PT Kaltim Methanol Industri Bontang Kalimantan Timur. Dibimbing oleh Ibu Dr.Hj.Anis Rachma Utary,M.SI.,Ak.,CA selaku dosen pembimbing pertama dan Bapak Muhammad Ikbal.SE.,M.SA selaku dosen pembimbing kedua.

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang ada pada PT Kaltim Methanol Industri Bontang. Apakah perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh perusahaan telah tepat dan efisien, sehingga dapat menentukan harga jual yang tepat dan bersaing. Penelitian ini dilakukan di PT Kaltim Methanol Industri Bontang, dengan objek penelitiannya difokuskan pada laporan biaya produksi tahun 2014. Dalam proses produksinya PT Kaltim Methanol Industri, melalui 2 departemen yaitu departemen proses dan departemen utilities .Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis komparatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengklasifikasian biaya yang kurang tepat pada perhitungan biaya bahan penolong, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik..Hal ini menyebabkan perbedaan dalam perhitungan harga pokok produksi. Harga pokok produksi menurut perusahaan adalah Rp.
2.667.291.676.000 atau Rp. 4.045.593per metric ton sedangkan perhitungan dengan
menggunakan metode harga pokok proses adalah sebesar Rp. 2.606.433.196.000 atau Rp. 3.958.286 per metric ton. Sehingga dapat dilihat selisihnya yaitu sebesar Rp. 60.858.480.000 atau Rp.92.306 per metric ton.



Kata kunci :Harga Pokok Produksi, HargaJual

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI METHANOL DI PT KALTIM METHANOL INDUSTRI BONTANG KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ANGGITA DYAH APRIASTITI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua