Detail Cantuman Kembali
RONALDUS ALFIANUS LAHANG - Personal Name

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN INTERPERSONAL ANAK DI SMK PERTANIAN AVE BUNGEN TANA KAMPUNG BIGUNG BARU KABUPATEN KUTAI BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019


Ronaldus Alfianus Lahang, 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Interpersonal Anak di SMK Pertanian Ave Bungen Tana Tahun Ajaran 2018/2019.
Pembimbing I Drs. Sujiman S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dyidik Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara pada guru BK dan pengamatan secara langsung terdapat beberapa siswa yang menujukan adanya gejala interpersonal yang kuarang pada siswa di SMK Pertanian Ave Bungen Tana Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, apakah terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan interpersonal anak di SMK Pertanian Ave Bungen Tana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan interpersonal anak di SMK Pertanian Ave Bungen Tana. Jenis penelitan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jumlah populasi 101 yang kemudian diambil sampel sebanyak 83 siswa.
Penelitian ini menggunakan random sampling berdasarkan pengambilan acak setiap kelas. Teknik pengumpulan data yaitu angket pola asuh orang tua dan angket interpersonal, dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan rumus korelasi spearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan program SPSS, diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,275 > 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H ditolak, sehingga dapat disimpulkan data bersifat normal. Uji homogenitas menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,137 > 0,05 demikian Ha o diterima dan H ditolak sehingga dapat disimpulkan data bersifat homogeny. Uji linearitas hubungan antara pola asuh orang tua dengan interpersonal tingkat signifikansi sebesar 0,670 > 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan kedua variabel bersifat linier. Hasil uji spearman dengan nilai signifikan sebesar 0,415 > 0,05 demikian Ha diterima dan H ditolak maka terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan interpersonal. Berdasarkan perhitungan persentase pola asuh orang tua 88% dengan kategori baik dan interpersonal 80% kategori tinggi jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antar pola asuh orang tua dengan interpersonal anak di SMK Pertanian Ave Bungen Tana Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Pola asuh orang tua, interpersonal anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN INTERPERSONAL ANAK DI SMK PERTANIAN AVE BUNGEN TANA KAMPUNG BIGUNG BARU KABUPATEN KUTAI BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang RONALDUS ALFIANUS LAHANG - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua