Detail Cantuman Kembali
LAYLATUL SYAMSIAH - Personal Name

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X-MIA 1 SMAN 6 SAMARINDA (MATERI MOMENTUM DAN IMPULS)



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretestposttest pada materi momentum dan impuls. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel kelas X MIA 1 SMAN 6 Samarinda sebanyak 36 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket model discovery learning dan tes awal-tes akhir yang kemudian di analisis dengan menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap keterlaksanaan model discovery learning yakni 3 orang pada kategori sangat baik, 23 orang pada kategori baik, dan 10 orang pada kategori cukup baik. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami kenaikan yaitu dari 19,0 menjadi 49,0 dengan perolehan N-Gain 0,4 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi diperoleh pada indicator identify dengan perolehan N-Gain 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan indikator kemampuan siswa Set Up,Excute dan Evaluation termasuk dalam peningkatan kategori sedang dengan perolehan N-Gain 0,3.
Kata Kunci : Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Momentum.Impuls

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X-MIA 1 SMAN 6 SAMARINDA (MATERI MOMENTUM DAN IMPULS)
Pengarang LAYLATUL SYAMSIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua