PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X-MIA 1 SMAN 6 SAMARINDA (MATERI MOMENTUM DAN IMPULS)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretestposttest pada materi momentum dan impuls. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel kelas X MIA 1 SMAN 6 Samarinda sebanyak 36 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket model discovery learning dan tes awal-tes akhir yang kemudian di analisis dengan menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap keterlaksanaan model discovery learning yakni 3 orang pada kategori sangat baik, 23 orang pada kategori baik, dan 10 orang pada kategori cukup baik. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami kenaikan yaitu dari 19,0 menjadi 49,0 dengan perolehan N-Gain 0,4 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi diperoleh pada indicator identify dengan perolehan N-Gain 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan indikator kemampuan siswa Set Up,Excute dan Evaluation termasuk dalam peningkatan kategori sedang dengan perolehan N-Gain 0,3.
Kata Kunci : Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Momentum.Impuls
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X-MIA 1 SMAN 6 SAMARINDA (MATERI MOMENTUM DAN IMPULS) |
---|---|
Pengarang | LAYLATUL SYAMSIAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY