PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Annisa Rahma, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER Dengan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 4 samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dibimbing oleh Ratna Kusumawardani, S.Si., M.Pd selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif MURDER dengan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Static Group Comparison.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Kelas X MIPA 1 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas X MIPA 4 menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata nilai hasilbelajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER adalah 85,42 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 80,40. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, diperoleh t hitung = 5,28 dan t table = 1,99 pada taraf signifikan 5%, karena t Hitung > t table maka H diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif MURDER dengan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER, Teka Teki Silang,Hasil Belajar Siswa, Sistem Periodik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | ANNISA RAHMA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY