PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Mega Fatmawati, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono M.Si pembimbing I dan Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Pembelajaran Tematik Muatan IPA, Gaya, Model STAD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar tematik muatan IPA siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya tentang gaya. Rumusan masalah penelitian ini “Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tema 8 daerah tempat tinggalku dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019’’. Tujuan penelitian ini untuk meningkatakan hasil belajar tematik muatan IPA tentang gaya melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang yang berjumlah 33 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil belajar tematik muatan IPA siswa mengunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan ratarata, pserentse dan grafik.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar dari data awal sebesar 56,03 meningkat menjadi 71,84 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar 24,39% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 69,7%.
Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,33 dengan presentase peningkatan hasil belajar 56,88% dan presentase siswa yang tuntas sebesar 87,9%. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar Tematik Muatan IPA Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku pada kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | MEGA FATMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY