Detail Cantuman Kembali
OPPI YOLAN DESTIYANA - Personal Name

FORMULASI NANOEMULSI KOMBINASI EKSTRAK BUNGA MAWAR (Rosa damascena Mill.) DAN UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.)


Ekstrak bunga mawar dan umbi bengkuang telah lama dimanfaatkan dalam bidang kosmetik karena dapat mencerahkan kulit sehingga agar dapat meningkatkan penetrasi dan absorpsinya melalui kulit dapat dibuat dalam bentuk sediaan nanoemulsi. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasi kombinasi kedua ekstrak tersebut dalam sediaan nanoemulsi kemudian dilakukan
karakterisasi fisik meliputi organoleptis, persen transmitan, ukuran partikel, dan pH. Nanoemulsi terdiri atas tiga komponen utama yaitu fase minyak, surfaktan dan kosurfaktan yang diformulasi menggunakan metode sonikasi. Kemudian dilakukan uji stabilitas dengan metode sentrifugasi dan penyimpanan pada suhu ruang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, terdapat dua formula terbaik untuk nanoemulsi kombinasi ekstrak bunga mawar dan umbi bengkuang yaitu formula F3 dengan bahan VCO, Cremophor RH40 dan PEG 400 (2:7:1) dengan persen transmitan 95,8% , ukuran partikel 31,3 nm , indeks polidispersibilitas 0,274 dan pH 5,13 serta formula F9 dengan bahan VCO, Tween 80 dan PEG 400 (2:7:1) dengan persen transmitan 97,1%, ukuran partikel 19,8 nm, indeks polidispersibilitas 0,367 dan pH 4,3. Hasil uji stabilitas menunjukkan formula terpilih dinyatakan memiliki stabilitas fisik yang baik dan sesuai dengan parameter stabilitas fisik yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Formulasi, Nanoemulsi, Ekstrak Bunga Mawar, Ekstrak Bengkuang.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FORMULASI NANOEMULSI KOMBINASI EKSTRAK BUNGA MAWAR (Rosa damascena Mill.) DAN UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.)
Pengarang OPPI YOLAN DESTIYANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua