Detail Cantuman Kembali
Mohammad Ridwan - Personal Name

TINJAUAN AKUNTANSI SISTEM GADAI EMAS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI, TBK. CABANG SAMARINDA


Mohammad Ridwan. Tinjauan Akuntansi Sistem Gadai Emas Pada PT Bank Syariah Mandiri, Tbk Cabang Samarinda. Dengan bimbingan dari Ibu Hj. Isna Yuningsih sebagai Pembimbing pertama dan Ibu Anisa Kusumawardani sebagai Pembimbing kedua.
Konsep yang jauh dari riba dan sesuai dengan syariat Islam membuat produk perbankan syariah menjadi pilihan umat Muslim di Indonesia yang berniat menjalankan agama secara kaffah, Gadai Emas Syariah dari Bank Syariah Mandiri disebut juga pembiayaan Rahn yang merupakan penyerahan jaminan atau hak penguasaan secara fisik atas barang berharga berupa emas (lantakan dan atau perhiasan beserta aksesorisnya) kepada Bank sebagai jaminan atas pembiayaan (qardh) yang diterima.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perlakuan akuntansi atas pembiayaan gadai emas Bank Syariah Mandiri dengan PSAK 107 (akad ijarah). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapun pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan metode wawancara terhadap karyawan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Samarinda dan menggunakan data berupa pedoman akuntansi dan perlakuan akuntansi ijarah yang diterapkan dalam produk pembiayaan BSM Gadai Emas.
Hasil penlitian PT. Bank Syariah Mandiri telah menjalankan pedoman akuntansi PSAK 107, dan telah sesuai dengan penerapan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No.26/DSN-MUI/III/2002.
Kata Kunci: Gadai Syariah, Ijarah, PSAK 107

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINJAUAN AKUNTANSI SISTEM GADAI EMAS PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI, TBK. CABANG SAMARINDA
Pengarang Mohammad Ridwan - Personal Name
No. Panggil
Subyek : Gadai Syariah, Ijarah, PSAK 107
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua