Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD BASIR - Personal Name

PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 SAMARINDA (Materi Hukum Gravitasi Newton)


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi android berbasis multimedia interaktif (mB-Physics) pada materi hukum gravitasi Newton yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh materi yang cenderung sulit, sehingga hasil belajar siswa rata-rata masih belum mencapai 75, proses interaksi dan visualisasi pembelajaran tidak berjalan maksimal karena keterbatasan waktu dan materi yang masih bersifat abstrak. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation). Hasil penilaian angket oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi diperoleh nilai persentase kevalidan aplikasi android berbasis multimedia interaktif secara umum adalah sebesar 86%. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi ini sangat valid digunakan sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum gravitasi Newton. Untuk mengetahui kepraktisan aplikasi, angket dinilai oleh mahasiswa pendidikan fisika (peer reviewer) dan pendapat siswa, secara keseluruhan menyatakan bahwa aplikasi mB-Physics praktis dengan perolehan skor 3,10 (antara 2,50-3,49). Sedangkan keefektifan aplikasi android diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan, nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 70 dengan kategori cukup. Kemudian setelah proses pembelajaran
dilaksanakan, diadakan postest yang didapat rata-rata nilai siswa sebesar 93 dengan kategori sangat baik. Hal ini memperlihatkan peningkatan hasil belajar sebesar 23. Selain itu didapat N-Gain sebesar 0,67 dan harga t adalah 15,417 yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android berbasis multimedia interaktif pada materi hukum gravitasi Newton ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Android, multimedia Interaktif, Pengembangan, Hukum Gravitasi Newton

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 SAMARINDA (Materi Hukum Gravitasi Newton)
Pengarang MUHAMMAD BASIR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Aplikasi Android, multimedia Interaktif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua