Detail Cantuman Kembali
Adhie Wisnu Pratama - Personal Name

PENGARUH PERBEDAAN JENIS PLAT PENYERAP KACA DAN PAPAN MIKA TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR MINUM PADA PROSES DESTILASI DENGAN ENERGI TENAGA SURYA


Desa Tanjung Limau merupakan salah satu pemukiman di sekitar pesisir yang memiliki beberapa sungai yang bermuara ke laut. Kebutuhan air terutama air minum di daerah pesisir seperti desa Tanjung Limau merupakan salah satu permasalahan kompleks yang dihadapi oleh suatu daerah yang berada dekat dengan pantai atau pesisir maka sekiranya perlu dilakukan suatu pengolahan atau teknologi yang sesuai sebagai suatu usaha penyediaan air minum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap proses destilasi serta membandingkan kuantitas dan kualitas air minum yang dihasilkan pada alat destilasi.

Pada penelitian destilasi air laut dengan energi tenaga surya ini menggunakan metode pengujian eksperimental terhadap rancang bangun alat destilasi. Parameter yang diukur diantaranya volume, kekeruhan, pH, sulfat (SO 4), kesadahan (CaCo3), klorida (Cl), salinitas, dan Total Dissolved Solid (TDS). Bahan dasar kaca dan papan mika memiliki dimensi luas alat 100 cm x 40 cm, tinggi dinding 20 cm, dan kemiringan penutup (atap) 30° dengan volume air laut sebesar 20L. Pengujian alat destilasi dilakukan pada pukul 08.00 – 18.00 Wita dengan pengambilan data suhu setiap 2 jam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat destilasi air laut dengan bahan dasar kaca dengan sumber energi tenaga surya memiliki hasil lebih banyak dengan rata-rata sebesar 324 mL / hari pada suhu lingkungan 27 – 37°C dalam pengujian selama tiga hari. Setelah melalui proses destilasi salinitas turun dari 23 menjadi 1, pH mengalami penurunan dari 8,7 menjadi 7,4 untuk bahan dasar papan mika dan 7,2 bahan dasar kaca, nilai kesadahan mengalami penurunan dari 2566 mg/L menjadi 9,56 mg/L bahan dasar papan mika dan 4,78 mg/L untuk bahan dasar kaca, Nilai sulfat mengalami penurunan dari 379 mg/L menjadi 94 mg/L dan 144 mg/L. Hasil air destilasi ini sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan menurut peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010 untuk air minum.

Kata kunci: Destilasi, Air Laut, Kebutuhan Air, Pesisir, Kaca, Papan Mika

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PERBEDAAN JENIS PLAT PENYERAP KACA DAN PAPAN MIKA TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR MINUM PADA PROSES DESTILASI DENGAN ENERGI TENAGA SURYA
Pengarang Adhie Wisnu Pratama - Personal Name
No. Panggil
Subyek Destilasi, Air Laut, Kebutuhan Air, Pesisir, Kaca,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua