Detail Cantuman Kembali
ADRIAN FERDY BAGHASKARA - Personal Name

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN EMBELIAN PADA NOTEBOOK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)


Adrian Ferdy Baghaskara, Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Notebook Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)¬¬. Di bawah bimbingan Rr. Marliana W, SE., MM selaku dosen pembimbing I dan Dra. Lilis Juliati, M.AP selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan antara merek-merek notebook di pasar. Penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Acer untuk mempertahankan predikat Top pada penghargaan Top Brand Award dan bagaimana cara yang dilakukan Acer untuk meningkatkan penjualan notebook, karena yang diketahui bahwa market share internasional maupun nasional bukan merek Acer yang berada pada peringkat atas.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.
Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian berada pada tingkat hubungan sedang. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 20,9% dari keempat variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan, sebanyak 79,1% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial, variabel kesadaran merek (X1) dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif signifikan, sedangkan variabel persepsi kualitas (X2) dan asosiasi merek (X3) memiliki pengaruh positif tidak signifikan. Sehingga variabel loyalitas merek (X4) yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).
Perusahaan Acer sebaiknya tetap terus melakukan inovasi dan respon yang cepat terhadap pasar, melakukan pemasaran dengan baik dengan memberikan bonus secara langsung kepada konsumen yang melakukan pembelian dan memberikan tambahan bonus apabila menyarankan notebook Acer ke orang lain, mengadakan event umum mengenai notebook Acer.

Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN EMBELIAN PADA NOTEBOOK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)
Pengarang ADRIAN FERDY BAGHASKARA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua