Detail Cantuman Kembali
Harry Setiawan - Personal Name

SIKAP MASYARAKAT NELAYAN KELURAHAN BONTANG BARU TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN DI WILAYAH PESISIR DAN LAUT KOTA BONTANG


Harry Setiawan, 2017. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Sikap Masyarakat Kelurahan Bontang Baru Terhadap Implementasi Program Kawasan Konservasi Perairan Wilayah Pesisir Dan Laut Kota Bontang. (Dibawah bimbingan Erwiantono dan Oon Darmansyah).
Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui karakteristik sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Bontang Baru (2)mengetahui persepsi masyarakat nelayan Kelurahan Bontang Baru terhadap kinerja implementasi pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah pesisir dan laut Kota Bontang di Kelurahan Bontang Baru (3)mengetahui motivasi masyarakat nelayan Kelurahan Bontang Baru terlibat dalam pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah pesisir dan laut Kota Bontang (4)mengetahui sikap masyarakat nelayan Kelurahan Bontang Baru terhadap implelentasi program pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah pesisir dan laut Kota Bontang (5)mengetahui hubungan karakteristik sosial ekonomi, persepsi dan motivasi masyarakat nelayan kelurahan Bontang Baru terhadap sikap masyarakat nelayan Kelurahan Bontang Baru dalam implementasi pengelolaan kawasan konservasi perairan wilayah pesisir dan laut Kota Bontang.
Metode sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 54. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskriptif dalam bentuk tabulasi dan analisis kuantitatif uji statistik korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik sosial ekonomi responden mayoritas usia di atas 46 tahun sedangkan tingkat pendidikannya adalah lulusan sekolah dasar (SD). Tingkat pendapatan di bawah Rp2.000.000 dan jumlah anggota keluarga adalah 2 sampai 3 orang. Persepsi masyarakat nelayan tentang pelaksanaan kinerja program kawasan konservasi tergolong rendah bila dibandingkan dengan konsep konservasi yang ideal. Motivasi masyarakat nelayan yang terlibat dalam program kawasan konservasi perairan tergolong tinggi. Sikap masyarakat terhadap pelaksanaan program kawasan konservasi dikategorikan dalam tingkat sedang. Berdasarkan hasil uji rank spearman, karakteristik sosial ekonomi tidak menunjukkan korelasi yang signifikan terhadap sikap masyarakat kawasan konservasi perairan. Ada hubungan yang signifikan antara sub variabel kesesuaian konsepsi dan intensitas penyuluhan terhadap perilaku nelayan. Sub variabel motivasi yang menunjukkan korelasi sangat signifikan terhadap sikap nelayan adalah pengakuan kredibilitas, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,384.

Kata Kunci: Persepsi, Sikap, Implementasi Program, Kawasan Konservasi, Bontang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SIKAP MASYARAKAT NELAYAN KELURAHAN BONTANG BARU TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN DI WILAYAH PESISIR DAN LAUT KOTA BONTANG
Pengarang Harry Setiawan - Personal Name
No. Panggil
Subyek Persepsi, Sikap, Implementasi Program, Kawasan Kon
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua