Detail Cantuman Kembali
PANDI AHMAD - Personal Name

POLA SOSIALISASI PENDIDIKAN DAN PERSEPSI ANAK TERHADAP PENDIDIKAN PADA KELUARGA PETAMBAK DI DESA MUARA PANTUAN KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA



Pandi Ahmad, 2017. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Pola Sosialisasi Pendidikan dan Persepsi Anak Terhadap Pendidikan Pada Keluarga Petambak di Desa Muara Pantuan Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibimbing oleh Qoriah Saleha dan Oon Darmansyah.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola sosialisasi keluarga petambak dan pola sosialisasi lingkungan, mengetahui persepsi anak petambak terhadap pendidikan dan mengetahui hubungan antara pola sosialisasi keluarga petambak dan lingkungan dengan persepsi anak petambak tentang pendidikan formal.
Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel anak petambak 30 responden, orang tua 10 responden, tetangga 10 responden serta guru dan teman sepermainan 10 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskriptif dalam bentuk tabulasi silang dan analisis kuantitatif uji statistik korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian ini menunjukkan pola sosialisasi yang diterapkan orang tua yang dominan adalah pola sosialisasi demokratis. Pola sosialisasi lingkungan tetangga yang mempengaruhi minat belajar anak adalah karena semua anak dilingkungan tempat tinggalnya bersekolah sedangkan pola sosialisasi lingkungan sekolah yang sangat mempengaruhi minat belajar anak adalah jumlah guru dan kelas. Persepsi anak tentang pentingnya pendidikan tergolong baik dengan nilai rata-rata skor 34,56. Tidak terdapat hubungan antara pola sosialisasi keluarga, pola sosialisasi lingkungan tetangga dan pola sosialisasi lingkungan sekolah dengan persepsi anak petambak tentang pendidikan.

Kata Kunci: Pola Sosialisasi, Persepsi, Pendidikan, Keluarga Petambak

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul POLA SOSIALISASI PENDIDIKAN DAN PERSEPSI ANAK TERHADAP PENDIDIKAN PADA KELUARGA PETAMBAK DI DESA MUARA PANTUAN KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang PANDI AHMAD - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pola Sosialisasi, Persepsi, Pendidikan, Keluarga P
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua