Detail Cantuman Kembali
Siti Sa’ada Uliyah - Personal Name

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI DALAM MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN JELAI (Coix Lacryma-Jobi L.) DI DESA JONGGON JAYA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Siti Sa’ada Uliyah. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani DalamMembudidayakan Tanaman Jelai (Coix Lacryma - Jobi L.) Di Desa Jonggon Jaya, Kabupaten Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2017 (dibawah bimbingan Ndan Imang dan A. Samad Ramayana).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi minat petani dalam budidaya jelai. Penelitian dilakukan selama tiga bulan, dimulai dari bulan Mei hingga Juli 2017, bertempat di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 20 petani responden yang telah membudidayakan tanaman jelai dengan cara observasi dan wawancara ke responden. Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa umur, luas lahan, tingkat pendapatan, dan penyuluh pertanian mempengaruhi minat petani dalam membudidayakan tanaman jelai, di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sedangkan lingkungan ekonomi dan lingkungan sosial masuk dalam kategori kurang berpengaruh.
Kata kunci:petani, minat, budidaya, jelai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI DALAM MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN JELAI (Coix Lacryma-Jobi L.) DI DESA JONGGON JAYA KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Siti Sa’ada Uliyah - Personal Name
No. Panggil
Subyek petani, minat, budidaya, jelai.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua