Detail Cantuman Kembali
Salminah - Personal Name

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA TERATAK KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


SALMINAH. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Desa Teratak Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2018. (di bawah bimbingan Siti Balkis dan Syarifah Maryam).
Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi sawah di Desa Teratak Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penelitian ini dilakukan sejak Februari hingga April 2018. Metode penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling dan metode penentuan sampel menggunakan Sampel Acak Berstrata (Stratified Random Sampling). Jumlah responden sebanyak 34 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung pada responden. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan model regresi linier berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya pendapatan yang diperoleh petani pada usatahani padi sawah rata-rata Rp. 14.176.847,06 mt-1 responden-1 atau rata-rata sebesar Rp. 11.942.520,24 mt-1 ha-1. Secara serempak variabel independen (luas lahan, pupuk, pestisida dan tenaga kerja) berpengaruh nyata terhadap produksi sedangkan secara parsial dengan tingkat signifikasi < 0,05 yang berpengaruh secara signifikan yaitu luas lahan dan tenaga kerja, dan yang tidak berpengaruh secara signifikan yaitu pupuk dan pestisida.
Kata kunci: Faktor Produksi, Pendapatan, Padi Sawah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA TERATAK KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Salminah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Faktor Produksi, Pendapatan, Padi Sawah.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua