PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE SCRAMBLE DAN BERPIKIR KRTIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 5 SAMARINDA
gutama, Feby, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2017. Pengaruh Penggunaan Pembelajaaran Kooperatif Metode Scramble dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Samarinda.Dibawah bimbingan Prof. Dr. Suharno, MM. selaku pembimbing I dan Ibu. Prof. Dr. Hj. Zaenab Hanim, M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Model pembelajaran Scramble biasa digunakan pada pelajaran bahasa inggris, namun saat ini sudah dikembangkan dan dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain. Sekalipun demikian informasi tentang pengaruh penerapan metode Scramble terhadap hasil belajar bahasa ingris masih kurang dan merupakan informasi penting untuk dikaj. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui (1) perbedaan positif antara pembelajaran kooperatif metode Scramble dengan pembelajaran metode ceramah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Inggris. (2) Untuk mengetahui perbedaan positif dan signifikan hasil belajar bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif metode Scramble. (3) Untuk
mengetahui perbedaan positif dan signifikan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap pembelajaran kooperatif metode Scramble. (4) Untuk mengetahui pengaruh interaksi pembelajaran kooperatif metode Scramble dan keterampilan berpikir krtis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya yaitu Factorial 2 X2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu 35 siswa kelas X A sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa XB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar bahasa inggris siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Sramble lebih tinggi dibandingkan pembelajaran biasa dengan nilai rata-rata 80 untuk
kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66,74. (2) Terdapat perbedaan positif dan signifikan hasil belajar bahasa Inggris sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif metode Scramble dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda tahun pelajaran 2015/2016. (3) Siswa yang mendapat perlakuan mengajar dengan metode Scramble memiliki tingkat berpikir kritis lebih tinggi daripada mengajar dengan metode konvensioanal, dan (4) Terdapat pengaruh interaksi pembelajaran kooperatif metode Scramble dan keterampilan berpikir kritis tehadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pengajran dengan metode scramble sangat bagus diterapkan di kelas.
Kata Kunci : Scramble, Berpikir Kritis , Prestasi Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE SCRAMBLE DAN BERPIKIR KRTIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 5 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Feby Gutama - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Scramble, Berpikir Kritis , Prestasi Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | S2 Ilmu Pendidikan |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY