Detail Cantuman Kembali
DIAH NURAZIZAH - Personal Name

STUDI KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN TELUK PEMEDAS KECAMATAN SAMBOJA DENGAN ALAT TANGKAP JARING INSANG (GILL NET)


Diah Nurazizah, 2019. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Studi Keanekaragaman Jenis Ikan yang Tertangkap di Perairan Teluk Pemedas Kecamatan Samboja dengan Alat Tangkap Jaring Insang (Gill Net) (dibimbing oleh Iwan Suyatna dan Jailani).
Masyarakat Teluk Pemedas umumnya berprofesi sebagai nelayan, salah satu aktivitas penangkapan yang digunakan masyarakat di perairan Teluk Pemedas, yaitu dengan menggunakan jaring insang (Gill net). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi spesies dan menganalisis struktur komunitas ikan hasil tangkapan jaring insang (Gill Net) di Perairan Teluk Pemedas Kecamatan Samboja. Ikan yang tertangkap selama penelitian sebanyak 138 individu (ind) yang meliputi 15 spesies dari 12 famili. Ikan yang paling banyak ditemukan yaitu ikan Bandeng (Chanos chanos), ikan Gulamah (Johnius sp.) dan ikan Kakap Tompel (Lutjanus sp.). Hasil analisis struktur komunitas, indeks keanekaragaman (H’) dari seluruh stasiun pengamatan berkisar antara (1,373 sampai 2,014) dengan nilai tertinggi pada stasiun 7 yaitu sebesar 2,014 yang menunjukkan bahwa keanekaragaman spesies ikan pada stasiun tersebut sedang, dengan pola sebaran seragam yaitu nilai indeks keseragamannya (E) berkisar antara (0,716 sampai 0,990), untuk indeks dominansi (C) berkisar antara (0,121 sampai 0,375), dengan demikian tidak ada individu yang mendominansi dalam komunitas.
Kata kunci: Ikan, Pemedas, Jaring insang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN TELUK PEMEDAS KECAMATAN SAMBOJA DENGAN ALAT TANGKAP JARING INSANG (GILL NET)
Pengarang DIAH NURAZIZAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua