Detail Cantuman Kembali
Titin Dewi Yulianti - Personal Name

TOKSISITAS LARVASIDA EKSTRAK DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) TERHADAP LARVA NYAMUK Aedes aegypti INSTAR IV


TITIN DEWI YULIANTI “Toksisitas Larvasida Ekstrak Daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Terhadap Larva Nyamuk Aedes aegypti Instar IV (Pembimbing I : Dra.
Hj.Sitti Badrah, S.KM., M.Kes dan Pembimbing II : Andi Anwar, S.KM., M.Kes)”

Selama ini cara yang digunakan untuk pengendalian pertumbuhan nyamuk Aedes aegypti adalah dengan membunuh jentik nyamuk menggunakan obat kimiawi (abate). Kelemehan yang ditimbulkan dari obat kimiawi ini yaitu air yang diberi bubuk abate berbau kurang sedap, penggunaan dalam waktu yang lama dapat membuat larva nyamuk menjadi resisten, dan dapat menggangu kesehatan manusia jika terjadi kontak langsung seperti terminumnya air yang mengandung abate. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimen murni dengan metode Posttest-Only Control Design. Dimana percobaan dengan empat konsentrasi yakni 0 ml (sebagai kontrol), 5 ml, 10 ml, dan 15 ml (sebagai perlakuan) dengan 3 kali replikasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik Kruskal-Wallis dan analisis probit. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh efektifitas larvasida ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dalam membunuh larva nyamuk Aedes Aegypti instar IV.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa toksisitas ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) yakni pada konsentrasi 5 ml sebesar 33,3%, konsentrasi 10 ml sebesar 43,3%, dan konsentrasi 15 ml sebesar 60%. Hasil uji Kruskal-Wallis diketahui nilai sig atau P Value < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti ada pengaruh pemeberian ekstrak daun jeruk nipis dalam kematian larva Aedes aegypti instar IV. Dengan nilai LC50 yaitu 11,035 ppm dan LT yaitu 7 jam yang dapat meyebakan kematian larva sebanyak 50%.
50 Kesimpulannya konsentrasi 15 ml adalah konsentrasi perlakuan dengan kematian larva tertinggi. Diharapkan adanya dukungan dan sosialisai dari dinas kesehatan terkait dengan potensi ekstrak daun jeruk nipis sebagai larvasida yang ramah lingkungan sebagai pengganti larvasida kimiawi.

Kata Kunci : Daun Jeruk Nipis, Larva nyamuk Aedes aegypti, LC50 dan LT50
Kepustakaan : 38 (1984-2017)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TOKSISITAS LARVASIDA EKSTRAK DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) TERHADAP LARVA NYAMUK Aedes aegypti INSTAR IV
Pengarang Titin Dewi Yulianti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Daun Jeruk Nipis, Larva nyamuk Aedes aegypti
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua