Detail Cantuman Kembali
ABDUL HAMID - Personal Name

EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI INSTRUMEN KAMPANYE DIGITAL PADA “GERAKAN MEMUNGUT SEHELAI SAMPAH SUNGAI KARANG MUMUS” (GMSS-SKM) DI KOTA SAMARINDA


Abdul Hamid, 2018. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Efektivitas Media Sosial Facebook Sebagai Instrumen Kampanye Digital Pada Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM) di Kota Samarinda. Di bimbingan oleh Erwiantono dan Qoriah Saleha.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pengakses akun facebook, tingkat kegunaan (usability), kualitas informasi (Information Quality) dan efek interaksi dengan media facebook pada Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus. Penelitian ini juga untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pengakses akun facebook, tingkat kegunaan (usability) media sosial facebook, kualitas informasi (Information Quality) dengan efek interaksi media sosial facebook sebagai media kampaye digital pada GMSS-SKM (Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus). Metode sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 50 responden yaitu pengakses akun facebook GMSS-SKM dan pendiri GMSS-SKM di Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Juli 2018. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif uji statistik korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian ini menunjukan karakteristik pengakses akun facebook GMSS-SKM dilihat dari indikator usia yang paling dominan 18-35 tahun, jenis kelamin laki-laki, pendidikan SMA/SMK, pekerjaan wiraswasta dan karyawan swasta, penghasilan perbulan 1-2 juta sedangkan frekuensi mengunjungi sekali sehari. Berdasarkan tingkat kegunaan media facebook termasuk kategori tinggi, kualitas informasi kategori tinggi, sedangkan efek interaksi media sosial fecebook masuk kategori tinggi pada efek kognitif (pengetahuan) sedangkan untuk efek afektif sedang. Karakteristik pengakses akun facebook dengan efek interaksi media facebook yang terdapat hubungan pada indikator pendidikan dan jenis pekerjaan dari efek kognitif, sedangkan dengan efek afektifnya tidak terdapat hubungan yang signifikan. Terdapat hubungan antara tingkat kegunaan (Usability) facebook dengan efek interaksi media facebook,kecuali indikator kemudahan untuk dioperasikan tidak berhubungan dengan efek interaksi media dan indikator adanya penambahan pengetahuan tentang lingkungan SKM tidak berhubungan dengan efek afektif.Terdapat hubungan kualitas informasi (Informaton Quality) facebook dengan efek interaksi media facebook.

Kata Kunci :Kampaye Digital, Facebook, GMSS-SKM Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI INSTRUMEN KAMPANYE DIGITAL PADA “GERAKAN MEMUNGUT SEHELAI SAMPAH SUNGAI KARANG MUMUS” (GMSS-SKM) DI KOTA SAMARINDA
Pengarang ABDUL HAMID - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kampaye Digital, Facebook, GMSS-SKM Samarinda.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua