PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Model Pembelajaran C3PDR dirancang untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang sains yang memiliki sintaks eksplorasi kreatif, elaborasi kreatif, pemodelan kreatif, praktek keterampilan sains, pembahasan dan diakhiri dengan melakukan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran C3PDR terhadap pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan Pre-test Post-test Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI.
Sampel yang digunakan ialah kelas XI MIPA 1 sebanyak 32 orang, SMA Negeri 3 Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dengan cara Teknik Tes. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan kriteria tes berpikir kreatif yang dikembangkan oleh Farah (2014). Analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajaran C3PDR signifikan meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada p (0
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C3PDR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI |
---|---|
Pengarang | Emilia Julfitri - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Pembelajaran C3PDR, Pemahaman Konsep Fisika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2018 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY