Detail Cantuman Kembali
Ginanjar Satrio Utomo - Personal Name

GAMBARAN STATUS GIZI SISWA KELAS VI BERDASARKAN PENGUKURAN INDEKS MASSA TUBUH(IMT) DI SDN 09 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA


Latar Belakang : Status Gizi adalah cerminan ukuran terpenuhinya kebutuhan gizi yang didapatkan dari asupan zat gizi oleh tubuh , Penilaian pertumbuhan dan status gizi pada anak sangat diperlukan untuk mengetahui apakah seorang anak tumbuh dan berkembang dengan status gizi yang normal atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk Menggambarkan Status Gizi Siswa Kelas VI Berdasarkan Pengukuran Indeks Massa Tubuh(IMT) di SDN 09 Sungai Kunjang Samarinda

Metode : Metode Penelitian yang digunakan Dekskriptif Kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif survei. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 09 Sungai Kunjang sebanyak 30 responden yang didapatkan dengan tehnik sistematis samping. Instrument yang digunakan adalah alat ukur tinggi badan dan berat badan serta rumus dan tabel IMT/U dengan peneliti sebagai instrumen utama.. Analisa data dilakukan dengan metode univariat.

Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil yang didapatdari 30 responden, sebanyak 20 siswa (67%) memiliki Status Gizi Normal, 3 siswa (10 %) memiliki Status Gizi Kurus, 6 siswa (20 %) , Memiliki Status Gizi Gemuk dan 1 siswa (3%) memiliki Status Gizi Obesitas memiliki status gizi normal .

Kesimpulan : Dari 30 responden didapatkan hasil status gizi berdasarkan pengukuran (IMT) termasuk kriteria normal. Disarankan bagi peneliti selanjtnya untuk mengembangkan ilmu tentang penilaian status gizi berdasarkan pengukuran Indeks Massa Tubuh(IMT)bagi siswa SD.


Kata Kunci :Status Gizi, Indeks Massa Tubuh, Anak.
DaftarPustaka :19Literatur (2007-2017)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN STATUS GIZI SISWA KELAS VI BERDASARKAN PENGUKURAN INDEKS MASSA TUBUH(IMT) DI SDN 09 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA
Pengarang Ginanjar Satrio Utomo - Personal Name
No. Panggil
Subyek Status Gizi, Indeks Massa Tubuh, Anak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua