Detail Cantuman Kembali
AGNESIA PAULINE MARTINUS - Personal Name

SEJARAH MISI KRISTEN DAN PERKEMBANGANNYA DI KAMPUNG BESIQ, KUTAI BARAT TAHUN 1966-2018



Agnesia Pauline Martinus, 2019. Sejarah misi Kristen dan perkembangannya di kampung Besiq, Kutai Barat tahun 1966-2018. dibimbing oleh Drs. Demsy B. Salindeho, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. M. Jamil, M.Ap. selaku pembimbing II.
Pembahasan mengenai sejarah misi Kristen dikampung Besiq merupakan salah satu topik menarik yang dibahas dalam skripsi ini. ada beberapa poin yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian ini pertama, misi yang datang di Kampung Besiq merupakan misi yang diutus dari lembaga misi didaratan China tidak dibawa oleh orang-orang barat. Kedua, Misi Kristen merupakan misi pertama yang masuk di Kampung Besiq. Ketiga, belum terdapat penulisan sejarah yang berkaitan dengan misi ini. Sehingga membuat penulis tertarik untuk membahas mengenai proses perjalanan misi ini.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejarah misi Kristen dan perkembangannya di kampung Besiq tahun 1966-2018. Penelitian ini difokuskn pada tiga masalah 1. Sejarah misi Kristen di kampung Besiq. 2. Perkembangan Misi Kristen di Kampung Besiq. 3. Dampak misi Kristen terhadap masyarakat di kampung Besiq.
Jenis penelitian Sejarah. Fokus penelitiannya 1. Perjalanan misi Pendeta Chang Shih Ying. 2. Pola penyebaran misi Kristen kepada masyarakat di kampung Besiq. 3. Dampak sosial, dan budaya misi Kristen di kampung Besiq.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kritik sumber yaitu kritik ekstern dan kritik intern. Interpretasi dan Historiografi.
Hasil penelitian misi Kristen dikampung Besiq diperoleh data bahwa misi Kristen dibawa oleh seorang Pendeta yang berasal dari misi CFMU di daratan Cina. Terdapat beberapa perbedaan dalam pola penyampaian misi ketika awal masuk dengan penyampaian misi Kristen sekarang kepada masyarakat di kampung Besiq. Adapun dampak misi kristen terhadap masyarakat di kampong Besiq dalam bidang Sosial dan Budaya.
Kata Kunci : Misi Kristen, Kampung Besiq.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SEJARAH MISI KRISTEN DAN PERKEMBANGANNYA DI KAMPUNG BESIQ, KUTAI BARAT TAHUN 1966-2018
Pengarang AGNESIA PAULINE MARTINUS - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua