PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 012 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Mutmainnah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Pembimbing I Dra. Wiwik Haryani, M.Pd dan Pembimbing II Iksam, S,Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Peristiwa dalam kehidupan, Model Talking Stick
Permasalahan penelitian ini disebabkan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya mata pelajaran IPS. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan hasil belajar muatan IPS tema peristiwa dalam kehidupan melalui model talking stick pada siswa kelas V SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar muatan IPS tema peristiwa dalam kehidupan melalui model talking stick pada siswa kelas V SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa dengan 1 guru dan objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar muatan IPS tema peristiwa dalam kehidupan melalui model talking stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan grafik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata hasil belajar siswa, persentase peningkatan hasil belajar, serta hasil observasi guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari nilai dasar ke siklus I sebesar 38% dengan rata-rata 65.5 dan persentase ketuntasan 55% (11 siswa tuntas), pada nilai dasar ke siklus II peningkatan hasil belajar sebesar 65% dengan rata-rata 78.4 dan persentase ketuntasan 85% (17 siswa tuntas). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar muatan IPS tema peristiwa dalam kehidupan melalui model talking stick pada siswa kelas V SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 012 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Mutmainnah - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY