Detail Cantuman Kembali
Wahyuddin Nor - Personal Name

SIKAP NASIONALISME MASYARAKAT PERBATASAN DI TENGAH KETERGANTUNGANEKONOMI DARI MALAYSIA (STUDI KASUS DESA AJI KUNING KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA)


Wahyuddin Nor, 1302045196 dengan judul skripsi “Sikap Nasionalisme Masyarakat Perbatasan Ditengah Ketergantungan Ekonomi Dari Malaysia (Studi Kecamatan Sebat ik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara)”, Dibawah bimbingan bapak Dadang Ilham K. Mujiono, S.Sos,MA dan bapak Muhammad Nizar Hidayat,MA Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Sikap Nasionalisme Masyarakat Perbatasan Ditengah Ketergantungan Ekonomi Dari Malaysia (Studi Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara). Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan sumber informasi yang diperoleh dari buku, jurnal, website dan wawancara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep nasionalisme dari Mas’oed, dan konsep dependensi dar I Griffiths, M.O'Callaghan, Terry.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap nasionalisme masyarakat Sebatik dapat di ukur melalui empat indikator antara lain. membela dan menghargai bendera merah putih sebagai lambang Negara Indonesia serta memegang teguh nilai-nilai dalam ideologi Negara pancasila, menerima perbedaan dalam kehidupan bernegara serta menjunjung tinggi nilai kebhinekaan (keberagaman) budaya,agama dan etnis, rasa cinta terhadap produk asli Indonesia dengan membeli serta menggunakan produk-produk buatan dalam negeri (Indonesia),danrela berkorban untuk bangsa dan negaranya,demi mempertahankan dan mengamalkan isi Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sikap nasionalisme masyrakat sebatik tengah cenderung lemah untuk indikator satu dan tiga dalam mengunakan produk dalam negeri dan hal upacara bendera merah putih sedangkan untuk indikator dua dan empat masyarakat sebatik tengah tetap menjaga sikap nasionalisme terhadap Negara Republik Indonesia.

Kata kunci :Sikap Nasionalisme, Ketergantungan Ekonomi, Masyarakat Perbatasan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SIKAP NASIONALISME MASYARAKAT PERBATASAN DI TENGAH KETERGANTUNGANEKONOMI DARI MALAYSIA (STUDI KASUS DESA AJI KUNING KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA)
Pengarang Wahyuddin Nor - Personal Name
No. Panggil
Subyek :Sikap Nasionalisme, Ketergantungan Ekonomi, Masya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua