PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV-B SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Siti Rahmah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar PPKn dengan Model Kooperatif Tipe .Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-B SDN 015 Sungai .Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dosen Pembimbing I Drs. H.Sunarno, M. Pd dan Dosen Pembimbing II Drs. Kusdar, M. Ag .
Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn – Model Pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada siswa kelas IV-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Alur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 015 Sungai Kunjang yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian adalah untuk melihat hasil belajar PPKn dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model Examples Non Examples. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik. ….. Data analisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa yaitu =69 sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ketuntasan keseluruhan minimal 75%.
Berdasarkan pembahasan dan data yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada siswa kelas IV-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 telah meningkat. Kondisi awal nilai rata-rata kelas adalah 50.18 (Cukup) dengan persentase ketuntasan 26.47%. Besar peningkatan hasil belajar siswa dari nilai dasar pra siklus ke siklus I sebesar 35.63% dengan nilai rata-rata kelas 68.06 (Baik) dan persentase ketuntasan sebesar 65.82%. Besar peningkatan dari nilai dasar pra siklus ke siklus II sebesar 51.59% dengan nilai rata rata 76.96 (Baik) dan persentase ketuntasan sebesar 76.47%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IV-B SDN 015 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV-B SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Siti Rahmah - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY