Detail Cantuman Kembali
SELVY JULIAN WIDYASTUTI - Personal Name

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 004 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Selvy Julian Widyastuti, 2019, Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019, Pembimbing I Drs. Kusdar, M.Ag dan Pembimbing II (2) Drs.H. La Djangka, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Muatan IPA, Model Discovery Learning.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 khusunya pada muatan IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatkan hasil belajar muatan IPA aspek pengetahuan dan keterampilan tema peristiwa dalam kehidupan melalui model Discovery Learning pada siswa kelas V SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar muatan IPA aspek pengetahuan dan aspek keterampilan tema peristiwa dalam kehidupan melalui model Discovery Learning pada siswa kelas V SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemua.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 004 Sungai Kunjang yang berjumlah 20 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan IPA aspek pengetahuan dan keterampilan muatan IPA menggunakan model Discovery Learning. penelitian ini dilaksanakan pada 13 Maret 2019 sampai 29 Maret 2019.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian lembar observasi guru dan siswa, soal tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan rata-rata, presentasi, dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Hasil belajar aspek pengetahuan menunjukkan nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 43,26 meningkat menjadi 66 pada siklus I dan peningkatan hasil belajar siklus I sebesar 52,60%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 73,17 dan peningkatan hasil belajar siklus II sebesar 69,08%. Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata dari pra siklus 63,33 meningkat menjadi 84,17 pada siklus I dan peningkatan hasil belajar sebesar 32,90%. Pada siklus II nilai rata-rata 98,96 dan peningkatan hasil belajar siklus II sebesar 52,25%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model Discovery Learning hasil belajar muatan IPA tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 004 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang SELVY JULIAN WIDYASTUTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua