Detail Cantuman Kembali
ASNI - Personal Name

ANALISIS ASPEK RELIGI NOVEL BULAN TERBELAH DI AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA


Asni. 2018. Analisis Aspek Religi novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur. Penelitian ini di bawah bimbingan DR. Asnan Hefni, M. SI. selaku pembimbing I dan Drs. Syaiful Anwar, M. Hum. selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Analisis, Aspek Religi, Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya sastra mampu menggambarkan peristiwa yang membuat pembaca berada pada situasi yang sama. Isi yang disampaikan tidak jauh dari kehidupan sehari-hari baik hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, serta manusia dengan alam sekitar, dari beberapa aspek tersebut tedapat karya sastra yang memiliki aspek religi. Aspek religi tidak dapay dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi latar belakang penulis dalam meniliti skripsi yang berjudul Anilisi Aspek Religi Novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif yang mendeskripsikan atau memaparkan suatu masalah sesuai dengan peramasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu memberikan gambaran tentang aspek religi novel “Bulan Terbelah di Langit Amerika” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca, identifikasi, klasifikasi, serta interpretasi.

Hasil penelitian dalam aspek religi yaitu, penyerahan diri tuduk dan taat kepada Tuhan dimana dalam aspek ini menggabarkan bentuk penyerahan diri akan takdir Tuhan di dalam hidup, kehidupan penuh kemuliaan yang selalu melakukan kebaikan kepada siapapun yang membutuhkan, perasaan batin yang ada hubungannya dengan nTuhan yaitu keyakinan yang selalu ditanamkan dalam hati bahwa Tuhan selalu ada untuk membantu kita, perasaan batin yang ada hubungannya dengan rasa berdoa, berdoa mampu mendekatan Tuhan dengan setiap makhluk-Nya, perasaan batin yang hubungannya dengan rasa takut dalam hal ini sebagai manusia yang selalu takut untuk mengecewakan serta berbuat dosa, dan yang terakhir adalah bentuk pengakuan akan kebesaran Tuhan. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa sastra khusunya novel banyak mengandung aspek-asoek religi yang dapat membentuk pribadi manusia menjadi jauh lebih baik lagi. Oleh karena hendaknya kita lebih mengenal karya sastra yang banyak mengandung pesan-pesan positif kepada pembacanya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS ASPEK RELIGI NOVEL BULAN TERBELAH DI AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA
Pengarang ASNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua