PENINGKATANHASIL BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ZAT TUNGGAL & CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN AJARAN 2018/2019.
NOVI TRI INDAH SARI, 2019, Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa dan Keaktifan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS)Pada Materi Zat Tunggal & Campuran Pada Siswa Kelas V SDN 003 Sungai Pinang Tahun Ajaran 2018/2019. Pembimbing I Iksam, S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing II Erna Suhartini, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas V SDN 003 Sungai Pinang, penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan rendahnya keterampilan proses sains siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifansiswa dengan pendekatan keterampilan proses sains pada siswa kelas V SDN 003 Sungai pinang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 003 Sungai pinang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA dan keaktifan dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada kelas V tema 9 materi zat tunggal dan campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, praktikum dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada setiap siklus. Peningkatan yang didapat pada siklus I dengan nilai rata–rata kelas 66.71 denganpresentase ketuntasan 11.43%dan peningkatan hasil belajar sebesar 32%meningkat dari pra siklus yang hanya memperoleh nilai rata–ratakelas sebesar 50.71 dengan presentase ketuntasan 0%. Meningkat pada siklus II dengan rata –rata kelas sebesar 77.86 dengan presentase ketuntasan 85.71%dan peningkatan hasil belajar sebesar 53.52%. Sedangkan untuk keaktifan siswa memiliki enam penilaianpenilaian yaituVisual Activities, Motor Activities, Writing Activities, Oral Activities, Mental Activities, Emotional, dan memperoleh jumlah skor pada siklus I sebesar 428 dengan rata– rata kelas sebesar 12.86 dengan presentase 51% dengan predikat sedang dan meningkat pada siklus II dengan jumlah skor menjadi 773dengan rata–rata kelas 23.66 dan presentase 92% dengan predikat tinggi. Demikian Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada materi zat tunggal dan campuran di kelas V SDN 003 Sungai Pinang Tahun Ajaean 2018/2019 mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATANHASIL BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ZAT TUNGGAL & CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN AJARAN 2018/2019. |
---|---|
Pengarang | NOVI TRI INDAH SARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY