Detail Cantuman Kembali
NUR NABILLA SARAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TENTANG KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Nur Nabilla Sarah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya padaTema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui Model Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Iksam, S. Pd,M. Pd selaku pembimbing I dan Hety Diana Septika, M. Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Keberagaman Sosial dan Budaya, Model TGT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn yang diperoleh peserta didik pada materi keberagaman sosial dan budaya tema 8 kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model koopratif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Sungai Kunjang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar PPKn tentang keberagaman sosial dan budaya pada tema 8 dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata – rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa hasil belajar PPKn tetang Keberagaman Sosial dan Budaya tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019 meningkat. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar PPKn peserta didik sebesar 47.87% dari nilai rata – rata sebesar 41.25 pada pra siklus menjadi 61 pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 42.86%. pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar PPKn peserta didik sebesar 96.87% dari pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 81.21 dengna persentase ketuntasan 78.57%. Sehingga persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan 75% dari jumlah peserta didik di kelas melebihi nilai =67 (KKM).


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TENTANG KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang NUR NABILLA SARAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua