PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TENTANG KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Nur Nabilla Sarah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya padaTema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui Model Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Iksam, S. Pd,M. Pd selaku pembimbing I dan Hety Diana Septika, M. Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Keberagaman Sosial dan Budaya, Model TGT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn yang diperoleh peserta didik pada materi keberagaman sosial dan budaya tema 8 kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn tentang Keberagaman Sosial dan Budaya pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model koopratif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Sungai Kunjang dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar PPKn tentang keberagaman sosial dan budaya pada tema 8 dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata – rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa hasil belajar PPKn tetang Keberagaman Sosial dan Budaya tema 8 Lingkungan Sahabat Kita melalui model kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 015 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019 meningkat. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar PPKn peserta didik sebesar 47.87% dari nilai rata – rata sebesar 41.25 pada pra siklus menjadi 61 pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 42.86%. pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar PPKn peserta didik sebesar 96.87% dari pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 81.21 dengna persentase ketuntasan 78.57%. Sehingga persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan 75% dari jumlah peserta didik di kelas melebihi nilai =67 (KKM).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TENTANG KEBERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA SISWA KELAS V SDN 015 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | NUR NABILLA SARAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY