Detail Cantuman Kembali
Nur Asiah - Personal Name

REALISASI KERJA SAMA BIMP-EAGA DALAM BIDANG TRANSPORTASI DI WILAYAH ASEAN TIMUR


Nur Asiah, NIM 1102045074, dengan judul skripsi Realisasi Kerja sama BIMP-EAGA dalam Bidang Transportasi di Wilayah ASEAN Timur, di bawah bimbingan Uni W. Sagena, M.Si, Ph.D selaku Pembimbing, pada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi kerja sama BIMPEAGA dalam bidang transportasi udara, darat dan laut di wilayah ASEAN timur yang ada pada program konektivitas BIMP-EAGA Implementation Blueprint (2012-2016). Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, dimana data-data tersebut diperoleh melalui dokumen perjanjian internasional, talaah pustaka dari buku-buku, jurnal, laporan, artikel-artikel dari media daring, serta sumber-sumber lainnya yang relevan dengan pokok permasalahan. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif, dimana permasalahan digambarkan berdasarkan fakta-fakta yang ada kemudian mengkolerasikan satu sama lain untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa realisasi kerja sama BIMP-EAGA dalam program konektivitas di bidang transportasi udara, darat dan laut tidak sepenuhnya dapat terealisasi dan hanya terjalin di beberapa wilayah di Negara anggota BIMP-EAGA. melalui kerangka kerja BIMP-EAGA Roadmap To Development 2006-2010, realisasi program konektivitas di bidang transportasi darat telah terjalin yang menghubungkan kota Pontianak – Kuching - Bandar Seri
Begawan - Kota Kinabalu yang berada di sepanjang pulau Borneo bagian barat di tahun 2008. Kemudian kerangka kerja ini dilanjutkan dengan BIMP-EAGA Implementation Blueprint 2012-2016, dimana perbaikan fasilitas infrastruktur bandara, jalan, pelabuhan dan fasilitas lainnya terus didorong. Hingga berakhirnya Implementation Blueprint di tahun 2016, realisasi konektivitas transportasi telah menghubungkan 5 rute udara yang menghubungkan 8 kota di wilayah BIMP- EAGA yaitu kota Pontianak, Tarakan, Bitung di Indonesia; Kuching, Tawau dan Kota Kinabalu di Malaysia; Bandar Seri Begawan di Brunei Darussalam dan Kota Davao di Filipina. Serta di bidang transportasi laut terealisasi satu rute ferry penumpang yang menghubungkan kota Zamboanga, Filipina dengan Sandakan di Malaysia.
Kata Kunci: Realisasi, Transportasi, BIMP-EAGA



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul REALISASI KERJA SAMA BIMP-EAGA DALAM BIDANG TRANSPORTASI DI WILAYAH ASEAN TIMUR
Pengarang Nur Asiah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua