Detail Cantuman Kembali
Suryenidah - Personal Name

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PUSKESMAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS LOK BAHU KOTA SAMARINDA


SURYENIDAH, Program Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Lok Bahu Kota Samarinda. Di bawah bimbingan Dr. H. Syahrani, M.Si. selaku Pembimbing I, dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si. selaku Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Lok Bahu Kota Samarinda, 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan yang dominan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Lok Bahu Kota Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang dan alat analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi berganda serta menggunakan uji F dan uji t sebagai penguji hipotesisnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi yang dihasilkan bertanda positif artinya terdapat hubungan yang searah antara variabel X dengan variabel Y atau apabila ada kenaikan satu satuan pada variabel X, maka akan menyebabkan kenaikan pada variabel Y. Nilai konstanta (a) yang dihasilkan sebesar
0.977 menyatakan bahwa, jika tidak ada variabel gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan demokrasi, gaya kepemimpinan kendali bebas, maka kinerja pegawai Puskesmas Lok Bahu Kota Samainda sebesar 0.977. Hasil uji t menunjukkan nilai t
hitung variabel gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan demokrasi, gaya kepemimpinan kendali bebas > t tabel sehingga hipotesis pertama sampai hipotesis ketiga diterima. Hasil perhitungan uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel, dengan demikian maka dapat dikatakan atau disimpulkan variabel gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan demokrasi dan gaya kepemimpinan kendali bebas secara bersama-sama mampu menunjukkan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai Puskesmas Lok Bahu Kota Samarinda, dan hipotesis keempat juga diterima. Penafsiran secara standardized coeficients menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan demokrasi (X2) merupakan variabel dominan dan mempunyai nilai tertinggi sebesar 0.427 diikuti variabel gaya kepemimpinan kendali bebas (X3) sebesar 0.280 dan variabel gaya kepemimpinan otoriter (X1) sebesar 0.229.



Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan, Kinerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PUSKESMAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS LOK BAHU KOTA SAMARINDA
Pengarang Suryenidah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Manajemen Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit MAGISTER ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua