Detail Cantuman Kembali
Anna Wijayanti - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Aplikasi Prezi pada Siswa Kelas X SMA


Anna Wijayanti, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi
Berbasis Aplikasi Prezi pada Siswa Kelas X SMA. Tesis (Pembimbing I : Dr.Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum dan Pembimbing II : Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.) Samarinda: Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman.



Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendekripsikan pengembangan desain media pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis prezi pada siswa kelas X SMA, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis prezi pada pembelajaran kelas X SMA, (3) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis prezi pada pembelajaran menulis teks negosiasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis mengenai pengembangan media pembelajaran yang menarik, memberikan variasi dalam proses pembelajaran berkaitan dengan menulis teks negosiasi, sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar menjadi lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Pada penelitian dan pengembangan ini, jenis data yang akan di hasilkan berupa data kuantitatif. Data kuantitatif didapatkan dari ahli materi, ahli media dan ahli pendidikan melalui uji coba, sedangkan dari siswa melalui uji uji kelompok kecil, uji kelompok besar dan evaluasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran menulis teks negosiasi berbasis prezi pada siswa kelas X SMA dikembangkan sesuai dengan tahapan pengembangan dari model prosedural menurut Borg dan Gall. Model penelitian pengembangan ini implementasinya hanya sampai pada langkah ke tujuh (7), dan dikembangkan sesuai prinsip instruksional yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain dan pengembangan produk, (3) validasi produk I, (4) uji kelompok kecil, (5) validasi produk II, (6) uji kelompok besar, dan terakhir (7) evaluasi dan desiminasi. Adapun hasil validasi dari validator tahap II yaitu dari ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi dari ahli media jika dibuat rata-rata sebesar 77% dengan kategori baik. Hasil validasi dari ahli pendidikan sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Dari tahap evaluasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran tersebut. Untuk mengetahui perbedaan yang berdampak pada kelayakan media tersebut penulis melakukan pre test dan post test, dan dari hasil pre test sebesar 53,9 serta post test yang telah dilakukan sebesar 88,3, dari hasil tersebut diketahui bahwa hasil pembelajaran mengalami peningkatan sesudah menggunakan media pembelajaran, sebesar 34,4%. Berdasarkan perbedaan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.



Kata Kunci: Pengembangan Media, Prezi, Teks Negosiasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Aplikasi Prezi pada Siswa Kelas X SMA
Pengarang Anna Wijayanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengembangan Media, Prezi, Teks Negosiasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua