Detail Cantuman Kembali
Nurlia Novita - Personal Name

PENENTUAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)


Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Penerimaan beasiswa Bidikmisi di Universitas Mulawarman dilakukan setiap tahunnya. Seleksi ini dilakukan dengan melakukan perhitungan secara manual terhadap skor kriteria yang telah ditentukan sehingga membuat pengolahan data kurang efektif dan juga membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk mempermudah hal ini terdapat sebuah sistem pendukung keputusan dengan beberapa metode didalamnya. Dalam beberapa penelitian, metode The Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) telah digunakan dalam kasus penerimaan beasiswa Bidikmisi. Sedangkan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) merupakan metode baru dan belum banyak peneliti yang menggunakannya. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode antara metode TOPSIS dan metode MAUT. Kedua metode ini menghasilkan hasil akhir dengan rangking tertinggi. Data uji penentuan penerimaan beasiswa Bidikmisi menggunakan 150 data mahasiswa pada tahun 2017 dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yaitu 100 mahasiswa yang diterima dan 50 mahasiswa yang tidak diterima. Hasil akurasi dilakukan dengan membandingkan data asli dengan kedua metode sehingga didapatkan akurasi metode TOPSIS sebesar 47,333 % dan metode MAUT sebesar 74,667 %.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa Bidikmisi, TOPSIS, MAUT

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENENTUAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DAN MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)
Pengarang Nurlia Novita - Personal Name
No. Panggil
Subyek Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa Bidikmisi, TO
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua