Detail Cantuman Kembali
APRIYANTI RAHAYU - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SUBTEMA “INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 001 SAMBUTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Apriyanti Rahayu, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Gaya pada Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN 001 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Siddik, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya, Model STAD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA tentang Gaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 001 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang gaya pada Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 001 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.
Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 001 Sambutan yang berjumlah 34 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil belajarIPA siswa menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan datadengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswasebesar 31,90% dari nilai rata-rata sebesar 54,71 dengan predikat sangat kurangpada pra siklus menjadi 72,16 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasansecara klasikal sebesar 55,88%. Karena ketuntasan klasikal belum mencapaiindikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan sebesar 54,23% dengan nilai rata-rata sebesar 84,38 dengan predikat baik dan persentase ketuntasan 79,41%. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dihentikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya pada Subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 001 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SUBTEMA “INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 001 SAMBUTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang APRIYANTI RAHAYU - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua