Detail Cantuman Kembali
Ariyansyah - Personal Name

ANALISIS MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA CAFE KOBOY INSAF DI SAMARINDA


Ariyansyah, “Analisis Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Cafe Koboy Insaf Di Samarinda” Dibawah bimbingan Ibu Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing 1 dan Ibu Ana Noor Andriana S.AB., M.AB selaku dosen pembimbing 2, program studi Adaministrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Perusahaan harus menerapkan motivasi baik dari motivasi langsung maupun motivasi tidak langsung, sebab sebuah motivasi kerja memiliki hubungan yang erat dengan kinerja. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Cafe Koboy Insaf Di Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan dalam penelitian menggunakan metode analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Dengan menggunakan sumber data key informan sebagai narasumber sebanyak 1 orang yaitu owner sekaligus manajer operasional Cafe Koboy Insaf dan informan sebanyak 6 orang yaitu 2 orang pelayan, 2 orang koki, 1 orang kasir dan 1 orang bartender. Data-data yang
disajikan menggunakan data primer dan data sekunder, melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta referensi buku-buku, jurnal maupun skripsi yang ada hubungannya dengan penulisan ini.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teradapat beberapa temuan terkait indikator yang diteliti yaitu : Dilihat dari motivasi langsung (bonus) karyawan merasa bonus yang diberikan masih kurang, karena tidak sesuai dengan tingkat pekerjaan yang diberikan. Dilihat dari motivasi tidak langsung (perlengkapan dan peralatan) perlengkapan dan peralatan yang digunakan masih kurang dalam menunjang kelancaran proses kerja. Dilihat dari kinerja (Kerja sama) sesame karyawan dan pimpinan operasional kerja sama berjalan dengan baik kecuali owner yang lain. Terkait (disiplin kerja) tingkat kedisiplinan karyawan masih rendah, karena masih ada karyawan yang melanggar aturan yang sudah dibuat.
Adanya penerapan motivasi langsung dan motivasi tidak langsung maka pihak Cafe telah meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi selama proses pekerjaan guna meningkatkan kinerja karyawan agar lebih optimal. Dari 14 indikator yang termasuk dalam fokus penelitian sudah mendukung motivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Cafe Koboy Insaf yang diantaranya pujian, penghargaan, bonus, perlengkapan, peralatan, kenyamanan kerja, penempatan kerja, kemampuan bekerja, teliti dalam bekerja, kecepatan kerja, pelaksanaan kerja, kerja sama, disiplin kerja, dan tanggung jawab.
Kata Kunci : Motivasi, Kinerja karyawan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA CAFE KOBOY INSAF DI SAMARINDA
Pengarang Ariyansyah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua