Detail Cantuman Kembali
Lilis Mardiana - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEMBANG JANGGUT TAHUN 2013/2014 (Materi Listrik Dinamis)




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran tipe Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kembang Janggut tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuantitatif pre-eksperimental designs. Dalam penelitian ini terdapat satu variable bebas, yaitu model pembelajaran PBI (X) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kembang Janggut Tahun Pembelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas X IPA sebanyak 22 orang. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan pengajaran dengan menggunakan model PBI pada materi listrik dinamis di kelas X IPA SMA Negeri 1 Kembang Janggut Tahun 2013/2014 adalah 77.4 dan sudah memenuhi standar criteria ketuntasan belajar minimal yaitu 75. Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik berupa pengujian koefisien korelasi (r) dan berdasarkan analisis diperoleh r sebesar 0,268. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel merespon dalam arah berlawanan, ketika salah satu variabel meningkat maka variabel lainnya akan menurun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kembang Janggut pada materi listrik dinamis.
Kata Kunci : Problem Based Intruction, Hasil Belajar, Listrik Dinamis

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEMBANG JANGGUT TAHUN 2013/2014 (Materi Listrik Dinamis)
Pengarang Lilis Mardiana - Personal Name
No. Panggil
Subyek Problem Based Intruction, Hasil Belajar, Listrik D
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua