Detail Cantuman Kembali
Dodi Irawan - Personal Name

FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMOTIVASI PETANI MELAKUKAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA SRI RAHARJA KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Dodi Irawan, Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Memotivasi Petani Melakukan Usahatani Padi sawah (Oryza sativa L.) di Desa Sri Raharja Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2018.(dibawah bimbingan Sofian dan Dina Lesmana).

Tingkat motivasi petani melakukan usahatani padi sawah dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi yang Mempengaruhi motivasi petani dalam usahatani padi sawah dan mengetahui tingkat motivasi petani dalam usahatani padi sawah di Desa Sri Raharja Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yakni dari bulan Desember hingga Februari 2018. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling) yaitu di Desa Sri Raharja Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Proportionate Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 38 jiwa. Faktor-faktor sosial ekonomi yang motivasi petani melakukan usahatani padi sawah diukur menggunakan skala likert. Metode analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor sosial ekonomi yang memotivasi petani melakukan usahatani padi sawah (Oryza sativa L.) masuk pada katagori sedang dengan skor rata-rata 56,13. Faktor-faktor sosial ekonomi yang memotivasi petani melakukan usahatani padi sawah masuk pada katagori sedang. Faktor-faktor sosial ekonomi terhadap motivasi petani yang memiliki peran paling besar dalam usahatani padi sawah di Desa Sri Raharja Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara pada faktor internal yaitu pendapatan dan luas lahan. Peran paling besar dalam usahatani padi sawah pada faktor eksternal yaitu peran kelompok tani.

Kata kunci : Sosial Ekonomi, Motivasi,Petani, Padi Sawah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMOTIVASI PETANI MELAKUKAN USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI DESA SRI RAHARJA KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang Dodi Irawan - Personal Name
No. Panggil
Subyek Sosial Ekonomi, Motivasi,Petani, Padi Sawah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua