Detail Cantuman Kembali
MAHARANI KRISMAWARANTIKA - Personal Name

HIDROGEOLOGI DAERAH RENCANA PENAMBANGAN BLOK LEMPENANG PT. BHARINTO EKATAMA TEWEH TIMUR, BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH


Daerah rencana penambangan Blok Lempenang merupakan proyek penambangan terbuka batubara milik PT. Bharinto Ekatama. Lokasi kerja Blok Lempenang secara administratif berada pada daerah Lempenang, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Lokasi penelitian secara koordinat Universal Tranfer Mercator (UTM) terletak pada koordinat UTM 317.000 – 328.000, 9.906.000 – 9.904.000 dengan proyeksi UTM WGS84 50 M. Salah satu kegiatan utama yang dilakukan pada kegiatan penambangan batubara adalah pengeboran untuk mengetahuikondisi bawah permukaan daerah rencana penambangan. Pada daerah rencana penambangan ini, ditemukan kemunculan mata air artesis di 5 lubang bor. Pada saat ini belum dilakukan analisis mengenai sistem akuifer di daerah rencana penambanganuntuk mengetahui besarnya pengaruh airtanah pada daerah rencana penambangan.
Penelitian ini didasarkan pada hasil analisis hidrologi dan hidrogeologi. Berdasarkan hasil analisis hidrologi, daerah rencana penambangan PT. Bharinto Ekatama memiliki curah hujan tahunan sebesar 2.854,85 mm/tahun dengan luas daerah aliran sungai sebesar 12,45 km2. Daerah rencana penambangan merupakan kawasan hutan dengan nilai evapotranspirasi 1.044,23 mm/tahun, surface run_off sebesar 508,49 mm/tahun dan imbuhan airtanah sebesar 1.302,13 mm/tahun. Analisis hidrogeologi dilakukan dengan slug test untuk mengetahui nilai konduktivitas lapisan akuifer di daerah rencana penambangan. Jenis akuifer di daerah rencana penambangan ini merupakan akuifer tertekan dengan nilai konduktivitas hidraulik rata-rata sebesar 2,28 × 10 m/dtk.
Kata Kunci : Tipologi sistem akuifer, karakteristik akuifer, imbuhan airtanah


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HIDROGEOLOGI DAERAH RENCANA PENAMBANGAN BLOK LEMPENANG PT. BHARINTO EKATAMA TEWEH TIMUR, BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH
Pengarang MAHARANI KRISMAWARANTIKA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua