Detail Cantuman Kembali
RAHMAT HIDAYAT - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAHMETODOLOGI PENELITIAN DIFKIP UNIKARTATENGGARONG

RAHMAT HIDAYAT, Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Web Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Di FKIPUnikarta Tenggarong. Pembimbing I, Dr. Sudarman, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II, Dr. Laode Rijai, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasisweb, mengetahui hasil pengembangan dari materi dan media pembelajaranberbasiswebsertamengetahui kendala atau kesulitan yang terjadi saat menerapkan media pembelajaran berbasiswebpada mata kuliah metodologi penelitiandi FKIPUnikarta Tenggarong. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan.
Model pengembangan pada penelitian ini mengikuti model pengembangan yang diadaptasi dari model desain instruksional ADDIEyang meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan(develop), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis web di FKIP Unikarta Tenggarong pada alamat www.rahmattep.comyangtelahdilaksanakan penelitian melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. 2) Hasilpengembangan dari media pembelajaran berbasis web yang dikembangkanlayak digunakan dalam mata kuliah metodologi penelitian berdasarkanvalidasi oleh ahli materi yangdiperoleh hasil presentase skor tahap pertamayaitu aspek pembelajaran sebesar (64%) dan pada aspek materi sebesar (48%). Sedangkanpada tahap keduameningkat menjadi aspek pembelajaran sebesar (93%) dan pada aspek materi sebesar (82%). Validasiahli mediadiperoleh hasil pada aspek tampilanwebtahap pertama(54%), danpada tahap keduamenjadi (85%). Validasi Dosen Mata Kuliah Metodologi Penelitian diperoleh hasil, penilaianpada tahap pertamadari aspek tampilan dengan presentase skor (65%), pada aspek isi (44%), aspek bahasa (53%), dan aspek interaktivitas (60%). Pada tahap kedua diperoleh hasil, penilaian dari aspek tampilan dengan presentase skor (100%), pada aspek isi (76%), aspek bahasa (86%), dan aspek interaktivitas (90%). Dan hasil tanggapan mahasiswa dapat diketahui pada aspek kemudahan pemahaman memiliki presentase skor (79%), aspek tampilan dan kualitas interaksi (75.3%) dan padaaspek minat dan kemenarikan (77.7%).hasil pengembangannya termasuk dalam kategori baik. 3) Kendala yang terjadi saat mengembangkan media pembelajaran berbasis web adalah keterbatasan mahasiswa yang memahami jaringan internet, jaringan internet yang tidak maksimal pada saat mengaplikasikannya dan kurangnya waktu dan penjelasan membuat mahasiswa kurang mengerti dalam penerapan media pembelajaran berbasisweb.
KataKunci : Pengembangan, Metodologi Penelitian, MediaWeb

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAHMETODOLOGI PENELITIAN DIFKIP UNIKARTATENGGARONG
Pengarang RAHMAT HIDAYAT - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit S2 Ilmu Pendidikan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua