Detail Cantuman Kembali
AMALIAH AISYAH RAKHMI - Personal Name

IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) DI PERUSAHAAN X SAMARINDA


Setiap tahun ribuan kecelakaan terjadi di tempat kerja yang menimbulkan korban jiwa. Perusahaan diharuskan dapat lebih memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan, agar mereka dapat mampu mewujudkan tujuan dari perusahaan tersebut. Salah satu upaya untuk memperbaiki budaya K3 di perusahaan adalah dengan implementasi Sistem Manajemen K3 (SMK3).
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kajian implementasi dan evaluasi SMK3 di perusahaan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksplanatoris. Informan utama adalah Supervisor SHE dan Supervisor
Teknisi informan kunci adalah Analis SHE. Teknik Pengambilan data ini dengan wawancara mendalam. Teknik analisis dengan data reduction, display data, dan conclusion drawing (Miles and Huberman).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dan evaluasi SMK3 yang dilakukan oleh perusahaan X memenuhi standar dengan PP Nomor 50 Tahun 2012 dengan tahapan yaitu penyusunan kebijakan, merencanakan rencana kerja, melaksanakan rencana kerja, memantau dan mengevaluasi secaraberkala, melakukan tinjauan ulang dan peningkatan kinerja peraturan yang disesuaikan pada kebutuhan dan regulasi.
Disarankan untuk Perusahaan X meningkatkan motivasi berupa apresiasi terutama pada karyawan yang bekerja di daerah ataupun di site agar kesadaran untuk menerapkan keselamatan dalam bekerja bisa lebih baik dan dapat menjadi acuan untuk perusahaan lain.
Kata kunci : Implementasi, SMK3, K3
Kepustakaan : 21 (1992-2016)



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) DI PERUSAHAAN X SAMARINDA
Pengarang AMALIAH AISYAH RAKHMI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua