Detail Cantuman Kembali
ERIANA TRIPATMAWATI - Personal Name

PERBANDINGAN METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE MODIFIKASI MENGGUNAKAN ANDROID DALAM PELAKSANAAN INVENTARISASI TEGAKAN SEBELUM PENEBANGAN




Eriana Tripatmawati, Perbandingan Metode Konvensional dengan Metode Modifikasi Menggunakan Android Dalam Pelaksanaan Inventarisasi Tegakan Sebelum Penebangan di bawah bimbingan Bapak Ariyanto dan Bapak H. Sumaryono.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan waktu, biaya danjumlah tenaga kerja dalam pelaksanaan ITSP metode konvensional dengan ITSPmetode modifikasi menggunakan Android di Hutan Pendidikan Fahutan Unmul(HPFU) dan untuk mengetahui perbandingan ketelitian pemetaan pohon di PT Gunung Gajah Abadi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan kegiatan yaitu studi pustaka,orientasi lapangan, pengambilan data lapangan, pengolahan data dan analisis data.
Pengolahan data dilakukan dengan pembuatan peta topografi, membuat petasebaran pohon, mengisi atribut, memasukkan data SI-PUHH dan rekapitulasilaporan hasil cruising. Analisis data dilakukan dengan menghitung perbandinganantar GPS dan perbandingan ITSP metode konvensional dengan metodemodifikasi menggunakan android.
Metode modifikasi menggunakan android lebih efektif dikarenakan dalamproses pelaksaan untuk ITSP membutuhkan waktu 4,2 Ha/Hari, jumlah tenagakerja 4 orang dan biaya Rp. 3.852.000,- kemudian untuk proses input datamembutuhkan waktu 1 hari, jumlah tenaga kerja 1 orang dan biaya Rp. 125.000,-dibandingan dengan metode konvensional dalam proses pelaksanaan ITSPmembutuhkan waktu 2,4 Ha/Hari, jumlah tenaga kerja 7 orang dan biaya Rp.6.741.000,- untuk proses input data membutuhkan waktu 4 hari, jumlah tenagakerja 1 orang, dan biaya Rp. 500.000,-.
Dari hasil penelitian selisih jarak rata-rata dari 30 sampel antara GPS Garmin 76s dengan Smartphone adalah 8,94 meter, sedangkan perbandinganselisih jarak rata-rata antara GPS Garmin 76s dengan data GGA adalah 20,42 meter.
Kata Kunci : ITSP, GPS, Modifikasi Android, Peta Sebaran Pohon.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBANDINGAN METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE MODIFIKASI MENGGUNAKAN ANDROID DALAM PELAKSANAAN INVENTARISASI TEGAKAN SEBELUM PENEBANGAN
Pengarang ERIANA TRIPATMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua