Detail Cantuman Kembali
ISFANNY SOEASWINITA - Personal Name

PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH DARI SURAT SEGEL UNTUK MENJADI SERTIPIKAT HAK MILIK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH (Studi Kasus Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Balikpapan)


Isfanny soeaswinita, Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Dari Surat Segel Untuk Menjadi Sertipikat Hak Milik Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah (studi kasus Badan Pertanahan Nasional Kota Balikpapan), Dr.La Sina,S.H.,M.Hum, Poppilea Erwinta,S.H.,M.H.
Pendaftaran tanah pertama kali dilakukan secara sporadik dan secara sistematik. Pendaftaran tanah bertujuan untuk menjamin dan memberikan kepastian hukum terhadap pemilik tanah. Fenomena yang terjadi pada praktek pendaftaran tanah menimbulkan permasalahan bagi pemilik tanah yang akan melakukan pendaftaran tanah. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah Yang dapat dilaksanakan secara sporadik dan secara sistematik memberikan solusi kepada masyarakat untuk dapat menentukan salah satu pilihannya terhadap 2 jenis pendaftaran tanah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yang menggunakan data primer yang diperoleh langsungdari penelitian melalui wawancara melalui responden dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan dengan menggunakan studi dokumen ataupun referensi yang telah dipublikasikan oleh penulisnya. Data primer dan data sekunder disusun secara sistematik dan dianalisis secara kuatitatif untuk menjawab permasalahan dalam penelitian.
Hasil penelitian tentang pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik dapat diajukan oleh pemegang haknya ataupun melalui kuasanya ke Kantor Pertanahan. Dalam hal ini masyarakat dapat memberikan pembuktian yang kuat terhadap Hak Atas Tanah yang dimilikinya. Dengan demikian Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah dapat terlaksana guna mewujudkan tercapainya tertib administrasi pertanahan.
Kata Kunci: Pendaftaran Tanah, Segel, Hak Milik, Pertanggungjawaban,Sporadik.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH DARI SURAT SEGEL UNTUK MENJADI SERTIPIKAT HAK MILIK BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH (Studi Kasus Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Balikpapan)
Pengarang ISFANNY SOEASWINITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua