Detail Cantuman Kembali
Charles Situmorang - Personal Name

ANALISIS HUKUM TERHADAP PENERBITAN SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG


Charles Situmorang, Dengan judul penelitian “ANALISIS HUKUM TERHADAP PENERBITAN SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG”, dibawah bimbingan Bapak Dr. La Sina, S.H., M.Hum selaku pembimbing utama dan Ibu Rahmawati Al Hidayah, S.H., LL.M., selaku pembimbing pendamping.
Penerbitan Sertipikat Hak Milik Atas Tanah di atas tanah milik Pemerintah yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda,berdasakan penelitian penulis telah terbit 18 Sertipikat Hak Milik. Hal inidikarenakan tidak adanya pengawasan yang dilakukan, serta kurangnyakoordinasi Badan Pertanahan Kota Samarinda dengan instansi Pemerintah Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur. Pengawasan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan adanya penegakan hukum terhadap aturan yang ada agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga rumusan masalah dari hal tersebutadalah, Bagaimana Pengawasan Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda terhadap penerbitan Sertipikat Hak Milik (SHM) di Kecamatan Samarinda Seberang dan Bagaimana Analisa Hukum terhadap status hukum Sertifikat Hak Milik (SHM) warga Kecamatan Samarinda Seberang.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian hukumempiris, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara mengkaji hukumdan dikonsepkan sebagai perilaku nyata, dengan meneliti data primer dan sekunder.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa BadanPertanahan Nasional Kota Samarinda dalam menerbitkan Sertipikat Hak Miliktelah lalai, dikarenakan tidak melakukan pengawasan langsung maupun tidaklangsung serta kurangnya koordinasi dengan instansi terkait, guna mengetahui informasi mengenai status tanah tersebut. Diperlukan adanyakoordinasi yangbaik serta pengawasan yang jelas baik dari pimpinan Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda maupun setiap unit pelaksana agar terciptanya tertibadministrasi pertanahan serta adanya kepastian hukum atas Sertipikat hak milik yang di terbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda.
Kata Kunci: Penerbitan, Sertipikat Hak Milik, Pengawasan.





Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS HUKUM TERHADAP PENERBITAN SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH DI KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG
Pengarang Charles Situmorang - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua