Detail Cantuman Kembali
MASNIAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018


Masniah, 2018. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M. Si. Sebagai pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, M. Pd. sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Materi FPB dan KPK, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya perolehan hasil belajar matematika siswa dalam memecahkan masalah terkait materi FPB dan KPK kelas IV A SD Negeri 008 Sungai Pinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika materi FPB dan KPK melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV A SD Negeri 008 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi FPB dan KPK melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV A SD Negeri 008 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 008 Sungai Pinang dengan sumber data atau subjek adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 31 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 28,36% dari nilai rata-rata hasil belajar data awal sebesar 53,7 menjadi 68,93 pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 41,93%. Dari data nilai awal ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 45,41% dengan nilai rata-rata 78,09 dan persentase ketuntasan sebesar 61,29%. Dari data nilai awal ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 55,40% dengan nilai rata-rata 83,45 sehingga mencapai nilai KKM yaitu 70 dan persentase ketuntasan sebesar 80,64% sehingga telah mencapai persentase ketuntasan yang ditargetkan yaitu 80%. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV A SD Negeri 008 Sungai Pinang Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018 meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang MASNIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua