PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU BERDASARKAN SCHOOL STRESS DAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran ditinjau berdasarkan School Stress dan Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 262 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 168 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data school stress, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum melaksanakan penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen penelitian pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 11 Samarinda yang berjumlah 26 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan anova dua arah dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkanhasil statistik deskriptif, diperoleh rata-rata hasil belajar matematika kelompok siswa laki-laki dengan school stress sangat tinggi (Xdengan school stress tinggi (X sedang (X L3 L 2 L1 ) sebesar 55,67, kelompok siswa laki-laki ) sebesar 49,09, kelompok siswa laki-laki dengan school stress ) sebesar 47,93, kelompok siswa laki-laki dengan school stress rendah (X
L4 ) sebesar 48,92, kelompok siswa laki-laki dengan school stress sangat rendah (X
Sedangkan untuk kelompok siswa perempuan dengan school stress sangat tinggi (X 60,33, kelompok siswaperempuan dengan school stress tinggi (X siswa perempuan dengan school stres sedang (Xdengan school stress rendah (X stress sangat rendah (XP5 P4 P3 P2 L 5) sebesar 52.
(P1) sebesar ) sebesar 59,32, kelompok ) sebesar 53,83, kelompok siswa perempuan ) sebesar 57,97, kelompok siswa perempuan dengan school ) sebesar 64,13.
Hasil analisis dengan menggunakan uji analisis varians dua arah diperoleh nilai probabilitas atau taraf signifikan statistik F (Sig.) sebesar 0,982. Dengan taraf signifikan pengujian adalah a(0,05), terlihat jelas nilai probabilitas yaitu 0,982 lebih besar dari taraf signifikan statistiknya (0,982>0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika bila
ditinjau berdasarkan school stress dan jenis kelamin siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda
Tahun Ajaran 2013/2014.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU BERDASARKAN SCHOOL STRESS DAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014 |
---|---|
Pengarang | ANGGIRANI QADARSIH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY